PERTEMUAN 4
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah digunakan didunia pendidikan Indonesia sejak lama. Berbagai institusi pendidikan saling bersaing untuk memanfaatkan teknologi seperti membangun jaringan internet, sistem pembelajaran online (e-learning), infrastructure penggunaan hardware, pengadaan software, dsb.
Pendidikan yang pada awalnya bertatap muka antara siswa dengan guru
tentunya kemungkinan besar di masa yang akan datang akan beralih menjadi
bertatap layar yang kita sering sebut E-learning. Dampak E-learning terhadap
metode pendidikan masa yang akan datang yaitu pendidikan bersifat lebih luwes
(fleksibel), lebih terbuka. Materi-materi pembelajaran yang ada bisa di akses
oleh siapa saja. Jaringan informasi sangat menentukan arah dan bentuk
pendidikan masa mendatang. Pendidikan yang memungkinkan adanya interaksi,
kolaborasi serta tidak berorientasi pada gedung sekolah.
1.
Perubahan Pola Pendidikan
Memasuki abad ke-21 perubahan pada dunia pendidikan cenderung terjadi, hal ini disebabkan oleh munculnya inovasi dunia pendidikan yang terus berkembang. B. Uno pada tahun 2010 berkata bahwa pendidikan terutama di Indonesia akan mengarah kepada hal berikut :
a. Mulai
dikembangkannya pendidikan secara terbuka, seperti saat ini berlakunya kampus
merdeka dalam menjalankan proses belajar mengajar.
b.
Sharing resource dimana adanya kegiatan yang dilakukan bersama antara lembaga
pendidikan dengan sekelompok perpustakaan yang tergabung dalam sebuah
jaringan yang memiliki tujuan mengurangi biaya pengembangan koleksi dan meningkatkan
layanan.
c. Penerapan teknologi multimedia terbaru untuk menggantikan teknologi lamanya, seperti televisi atau radio.
Perkembangan teknologi dan informasi mempunyai pengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Perubahan pada metode pendidikan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi misalnya metode kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Selain kegiatan belajar mengajar jarak jauh, mahasiswa dapat mengecek nilai, biaya kuliah, jadwal kuliah, ataupun tugas. Kemudahan dalam dunia pendidikan yang disajikan oleh perkembangan TIK ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan siswa maupun mahasiswa.
Pemanfaatan teknologi pembelajaran jarak jauh disebut sebagai E-learning. Metode belajar ini merupakan proses belajar mengajar secara online. Peserta didik dapat belajar mandiri berbasis kreativitasnya masing-masing yang dilakukan melalui E-learning dimanapun dan kapapun mereka dapat mengaksesnya asal terhubung dengan jaringan. E-learning diharapkan dapat membuat siswa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka dan ilmu pengetahuan mereka.
2. Platform Pembelajaran Online
Saat ini dengan adanya pandemic Covid-19, masyarakat tidak boleh melakukan perkumpulan dan belajar mengajar dilakukan semua secara daring atau online. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kelancaran kegiatan proses belajar mengajar yang sedianya rutin diadakan 5 sampai 6 kali setiap minggu. Maka untuk menghindari hal tersebut, metode kegiatan belajar mengajar jarak jauh sangat memungkinkan untuk dilaksanakan. Kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini menggunakan jaringan internet. Metode tersebut yaitu E-learning. Keuntungan dari E-learning misalnya sumber ilmu atau sumber pengetahuan dapat dari siapa saja yang mau membagikan ilmunya yang ada dari berbagai belahan dunia. Dalam proses belajar menggunakan metode e-learning, peserta didik dapat berinteraksi dengan pakar, baik itu melalui email, mailling list, news group, world wide web (www), serta memanfaatkan fasilitas seperti: e-book, e-library.
Berberapa
aplikasi atau platform yang menyediakan metode pembelajaran secara e-learning
antara lain sebagai berikut :
a. Microsoft Office 365
Dalam aplikasi ini menggunakan email dengan domain dari sekolah. Microsoft memberikan kemudahan untuk dapat mengakses secara realtime aplikasi seperti MS.Word, Ms. Excel, Power Point, dan sebagainya. Kelebihannya antara lain :
1) Fitur
selalu up to date dan diperbaharui tanpa biaya tambahan.
2) Hasil
kerja dapat disimpan pada cloud storage OneDrive 1TB.
3) Dapat menyimpan
data kapan saja dan dari mana saja karena mendapatkan bonus 1TB cloud
storage.
4) Dapat
fasilitas free call skype selama 60 menit setiap bulan.
5) Dapat
diakses lebih dari 1 PC.
6) Dapat
dukungan penuh dari office melalui chat, email dan telepon.
Kekurangan
aplikasi microsoft office 365 :
1) Harus
berlangganan dan membayar biaya langganan sesuai ketentuan pihak microsoft
office 365.
2) Harus
selalu terhubung dengan internet agar mendapatkan update fitur.
b.
Aplikasi Ruang Guru
Aplikasi Ruang guru sering beredar di komersial televisi, mereka banyak
menggencarkan program-program belajar secara online melalui bimbingan
online-nya. Layanan kelas virtual, video belajar berlangganan, platform ujian
online, marketplace les privat, serta materi-materi pendidikan lainnya
merupakan fitur aplikasi ini yang bisa diakses melalui web dan aplikasi.
Kelebihan
aplikasi Ruang Guru :
1)
Penampilan menarik.
2) Materi
belajar yang cukup lengkap.
3)
Tampilan dan kualitas video yang bagus.
4)
Pembelajaran tidak membosankan siswa karena siswa cukup menonton saja.
5)
Tersedia rangkuman materi yang mudah dipahami.
6)
Terdapat kuis dalam video yang dapat membantu penyerapan materi oleh
siswa.
7) Fitur
latihan soal yang dapat membantu penyerapan materi oleh siswa.
8)
Terdapat sosial media yang mendukung interaksi antar siswa.
9)
Terdapat tutor online dan kelas belajar streaming.
10)
Terdapat konseling gratis.
Kekurangan
aplikasi Ruang Guru :
1) Volume
bantuan suara terlalu tinggi.
2)
Antarmuka masih tampak terlalu ramai.
3)
Penyampaian video terlalu childish untuk siswa SMA.
4)
Terlalu banyak iklan promosi yang muncul.
c. Rumah
Belajar
Adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar online,
yang dibuat dan dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud). Dengan memanfaatkan teknologi, siswa memiliki alternatif lain
untuk tetap belajar karena aplikasi ini juga menyediakan berbagai sumber ilmu
pengetahuan. Fitur yang ada pada aplikasi ini sama seperti kelengkapan sekolah
dalam bentuk online. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Aplikasi rumah
belajar bisa diakses di laman belajar.kemendikbud.go.id melalui mobile maupun
PC.
Kelebihan
aplikasi rumah belajar adalah :
1)
Berbagai macam konten yang dibuat sangat menarik.
2) Bisa
digunakan secara offline maupun online.
3)
Dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang jelas.
4) Sangat
interaktif.
5)
Gratis.
6)
Menampilkan nilai hasil kerja siswa sehingga siswa makin tertantang.
7)
Terdapat penjelasan soal-soal yang dapat dipelajari siswa.
8)
Terdapat percobaan untuk mata pelajaran matematika dan tidak hanya untuk mata
pelajaran IPA.
9) Semua
planet dapat diexplore pada wahana antariksa.
10)
Diklat online menyenangkan.
11)
Terdapat diklat di berbagai daerah yang diupdate.
12)
Diklat untuk memperkaya keprofesional para pendidik.
13) Guru
diberi kebebasan untuk mengkreasi kelas semenarik mungkin.
14)
Penilaian tugas, kuis dan latihan yang menarik.
15)
Aplikasi mudah dipahami.
Kekurangan
aplikasi rumah belajar adalah :
1) Materi
belum semuanya tersedia.
2)
Terbatasnya pilihan buku yang dapat diunduh.
3) Sulit
menuliskan soal pada bank soal.
4) Bank
soal belum terlink ke kelas maya.
5) Masih
terbatasnya jumlah percobaan pada fitur laboratorium.
6) Tidak
semua budaya disajikan pada peta budaya.
7) Web
sangat berat pada saat membuka fitur antariksa.
8) Tidak
semua diklat bisa diikuti, khususya diklat yang berada di luar daerah.
9) Sulit
menulis jawaban pada kelas maya yang melibatkan equation.
10) Kelas
maya belum terlink ke bank soal.
d. Meja
Kita
Aplikasi belajar online meja kita memiliki fasilitas ruang diskusi untuk
interaksi antara siswa dan guru mereka. Materi pembelajaran yang disediakan
oleh aplikasi meja kita yaitu materi jenjang pendidikan SD sampai SMA. Untuk
mengakses materi pembelajaran di meja kita tidak dipungut biaya. Terdapat
banyak catatan yang diupload oleh siswa lain sehingga memperbanyak materi
pembelajaran. Siswa dapat belajar dari rumah dan sangat mendukung program pemerintah
yang mewajibkan siswa belajar dari rumah pada saat pandemik untuk mengurangi
penyebaran virus corona. Kegiatan diaolog, mengerjakan tugas serta sharing
pengetahuan atau catatan masih bisa dilakukan apabila menggunakan aplikasi ini
meskipun diharuskan untuk belajar dari rumah.
Kelebihan
aplikasi meja kita adalah :
1) Siswa
bisa bertukar catatan atau rumus dengan siswa lain yang berbeda sekolah maupun
yang berbeda daerah.
2)
Terdapat fitur diskusi antara siswa.
3)
Mendapatkan penghasilan tambahan bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan siswa
lain atau siswa yang membagikan catatannya ke aplikasi meja kita.
Kekurangan
aplikasi meja kita adalah :
1)
Penggunaan aplikasi meja kita mengarah ke bisnis atau bersifat komersial karena
terdapat fitur yang bayar dan membayar.
2)
Rentannya menyontek jawaban siswa lain dalam mengerjakan suatu soal.
e. Edmodo
Aplikasi ini mengutamakan privasi seorang siswa. Pada awalnya edmodo merupakan platform mikroblogging pribadi yang kemudian dikembangkan untuk kegiatan proses belajar mengajar siswa dan guru. Pertukaran catatan, dokumen dan tautan bisa dilakukan antara guru dengan siswa. Pada aplikasi ini juga seorang guru bisa memberikan tugas, peringatan serta acara kepada siswa dan guru lainnya.
Kelebihan
aplikasi edmodo :
1)
Tampilan sederhana sehingga memudahkan pengguna.
2) Dapat
membagikan file dengan format PDF, pptx, swf, html, dan sebagainya.
3) Hadir
dalam bentuk aplikasi yang dapat dibuka pada smartphone.
Kekurangan
aplikasi edmodo :
1) Tidak
terintegrasi dengan berbagai jenis sosial media.
2) Hanya
tersedia dalam bahasa inggris.
3) Tidak
memilki fasilitas video conference.
f.
Moodle
Moodle merupakan platform website untuk e-learning, dimana para siswa
mendapatkan pembelajaran yang telah disediakan dalam kelas digital. Seorang
guru bisa membuat materi pembelajaran, serta tugas kepada siswa.
Kelebihan
aplikasi moodle :
1)
Networking dan Security-nya yang dapat diatur sendiri.
2) Ruang
akses dapat dibatasi dengan jaringan yang dibuat dan dapat memiliki hak akses
masing-masing.
3) Sistem
pembelajaran dapat disesuaikan oleh kebutuhan pengguna.
4) Fitur
cukup lengkap dan baik untuk proses pembelajaran jarak jauh.
5) Proses
customize yang mudah dan banyak.
6)
Terdapat fitur lesson yang sangat fleksible sehingga mempermudah guru dan dosen
untuk mengajarkan sebuah materi.
Kekurangan
aplikasi moodle :
1) Harus
memiliki pemahaman tentang sistem pada moodle.
2)
Perlunya tenaga ahli sebagai administrator untuk pemeliharaan aplikasi dan
pembangunan sistem e-leaningnya.
3)
Membutuhkan perangakat yang cukup mahal dalam penggunaannya.
g. SEVIMA
EdLink
Aplikasi ini membantu mahasiswa dan dosen untuk berbagi materi kuliah,
tugas serta file lainnya dengan mudah. Dosen bisa membuat forum diskusi,
memberikan tugas kepada mahasiswa. Mahasiswa bisa memberikan pesan pribadi
serta memberikan file kepada dosen maupun mahasiswa lainnya.
Kelebihan
aplikasi SEVIMA EdLink :
1)
Terdapat fitur reminder jadwal perkuliahan sehingga pengguna tidak ketinggalan
materi.
2)
Terdapat fitur diskusi kelas.
Kekurangan
aplikasi SEVIMA EdLink :
Aplikasi
sangat tergantung pada kecepatan internet.
h. Google
Classroom
Pemberian dan penyelesaian tugas pada aplikasi ini bisa dilakukan melalui
google drive. Pada aplikasi ini pemberitahuan disampaikan melalui gmail.
Kelebihan
aplikasi gogle classroom :
1) Mudah
digunakan oleh pemula sehingga proses belajar mengajar lebih efisien.
2) File
tersimpan di dalam google drive sehingga tidak ada kekhawatiran file
hilang.
Kekurangan
aplikasi google classroom :
1)
Tampilan kurang menarik.
2) Waktu
pengiriman tugas dapat diatur, sehingga masih terdapat siswa yang sengaja
mengatur waktu terlambat dalam pengumpulan tugas.
i. Kelas
Kita
Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna
lain karena memiliki fitur sosial. Kelas kita bisa digunakan untuk membagi
materi belajar formal, meningkatkan kemampuan serta keahlian dengan cara
berbagi materi pembelajaran.
Kelebihan
aplikasi kelas kita :
1) Siswa
dapat memilih kelas sesuai minat sendiri.
2)
Terdapat fitur sosial media sehingga siswa bisa berinteraksi.
3) Dapat
digunakan oleh berbagai kalangan.
4)
Aplikasi gratis.
5) Kelas
dapat diatur menjadi kelas umum maupun kelas khusus.
6) Dapat penghasilan
tambahan dari hasil kontribusi ikut membuat kelas gratis.
7) Dapat
sertifikat digital.
Kekurangan aplikasi kelas kita adalah :
Penggunaan aplikasi kelas kita bisa mengarah ke bisnis atau bersifat komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.
3. Dampak
Metode Pembelajaran Online Terhadap Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi juga berdampak positif
maupun berdampak negatif bagi siswa :
a. Dampak
positif.
1)
E-learning bisa dijadikan metode pembelajaran informal.
Pada era
perkembangan ilmu teknologi dan informasi saat ini, e-learning sudah digunakan
hampir lebih dari 75% dalam pembelajaran yang berbentuk informal. Hal ini
mengubah pemikiran umum sebelumnya yang mana e-learning dianggap sebagai metode
belajar formal semata, misalnya untuk belajar atau kursus tertentu.
E-learning bisa dikategorikan ke dalam metode pembelajaran informal karena
banyak yang terlibat dalam metode belajar ini, mengalami masalah dalam
beraktifitas sehari-hari sehingga menggunakan metode pembelajaran online adalah
pilihan yang cocok.
2) Dapat
mengakses ilmu dari banyak sumber.
Terdapat
banyak sumber ilmu pada metode belajar E-learning, baik konten maupun manusia.
E-learning yang merupakan sebuah aktivitas menggunakan media sosial yang
menyediakan pengalaman serta pengetahuan baru melalui komunitas online sesama
pengguna. Dengan menggunakan metode belajar e-learning maka banyak kesempatan
semua orang untuk saling belajar. Dalam prosesnya, e-learning akan menumbuhkan
interaksi sesama pengguna.
3)
E-learning mendukung pembelajaran kelompok
Metode
belajar e-learning sangat mendukung belajar kelompok. Hal ini menyebabkan semua
anggota dalam group e-learning bisa belajar bersama dimanapun berada. Pada saat
belajar menggunakan e-learning, semua anggota kelompok bisa mengikuti belajar
kelompok dari tempat masing-masing dengan cara online.
4)
Efisien dalam menggunakan waktu.
Metode
belajar e-learning sangat efisien dalam penggunaan waktu. Pada metode belajar
tatap muka, seorang guru akan menjelaskan terlebih dahulu materi kepada siswa
dimana proses ini akan menyita cukup banyak waktu. Sedangkan dengan adanya
proses e-learning mampu mempersingkat waktu tersebut hingga 70%.
5)
Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan.
Biaya yang
digunakan pada metode pembelajaran e-learning sangat murah dibandingan metode
tatap muka. Metode pembelajaran e-learning tidak membutuhkan biaya transportasi
untuk menuju tempat belajar.
6)
Kemudahan mengakses materi belajar.
Materi
pembelajaran pada metode e-learning dapat diakses oleh seseorang kapan saja dan
dimana saja saat membutuhkannya. Namun dengan persyaratan materi tersebut belum
dihapus oleh guru.
7)
Menjangkau wilayah geogafis yang luas.
Jaringan
internet yang luas sangat mendukung metode belajar e-learning yang digunakan.
Sehingga suatu kelas dapat dikuti oleh siswa dari manapun berada tanpa dibatasi
oleh jarak dan geografis tertentu.
8) Siswa
lebih mandiri.
Pada
proses pembelajaran menggunakan metode e-learning, para siswa tidak didampingi
secara langsung oleh guru. Oleh sebab itu siswa akan dilatih dan harus mampu
untuk bisa lebih mandiri dalam belajar. Pada prosesnya, siswa lebih berperan
aktif dibandingkan dengan guru.
9) Siswa
diberi kebebasan untuk berkreasi.
Siswa
diberi kebebasan untuk berkreasi. Siswa bebas mengaplikasikan cara belajar
masing-masing.
b. Dampak
negatif
1)
Kuranganya interaksi.
Metode
belajar e-learning yang bersifat online dan dari jauh serta dari tempat
masing-masing siswa menyebabkan berkurangnya interaksi sehingga hal ini bisa
membuat siswa kesulitan untuk bersosialisasi dengan lingkungan luar.
2)
Mengabaikan aspek sosial.
Pembelajaran
dengan metode e-learning, membuat siswa lebih terdorong ke aspek komersial dan
bisnis dibandingkan aspek sosial dan akademiknya. Hal ini terjadi karena pada
prosesnya siswa hanya berpaku pada materi belajar tanpa melakukan interaksi
dengan siswa lainnya.
3) Proses
belajar cenderung kearah pelatihan dari pada pendidikan.
Pada
proses belajar dengan metode e-learning, siswa lebih terarah ke bentuk
pelatihan dari pada pendidikan. Hal ini disebabkan siswa cenderung menerima
materi latihan dan arahan-arahan dibandingkan dengan pendidikan biasa yang
diterima langsung dari guru.
4)
Penambahan tugas untuk pendidik.
Pendidik
dituntut untuk belajar mulai dari dasar cara mendidik menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi. Hal ini sangat mengganggu kemajuan proses belajar
mengajar dibandingkan dengan metode tatap muka sebelumnya. Pendidik harus
benar-benar menguasai terlebih dahulu teknik mengajar metode e-learning, yang
mana hal tersebut menyita waktu. Berbeda dengan metode tatap muka yang
sebelumnya sudah dikuasai oleh pendidik.
5)
Cenderung gagal bagi siswa yang bermotivasi rendah.
Siswa
cenderung gagal dalam metode belajar ini apabila tidak ada motivasi serta
semangat dari diri siswa itu sendiri. Pada metode belajar e-learning proses
belajar siswa akan berada di luar pengawasan pendidik. Hal ini akan berdapak
buruk bagi siswa yang semangat dan motivasi rendah.
6) Tergantung
pada jaringan internet.
Salah
satu syarat utama agar proses belajar-mengajar metode e-learning bisa tercapai
adalah harus adanya jaringan internet. Tanpa jaringan internet maka seorang
siswa tidak akan bisa mengakses e-learning. Hal ini yang menjadi penghalang
bagi siswa yang berada di daerah yang tidak terjangkau internet.
7)
Keterampilan menggunakan internet yang belum cukup
Peserta
didik dan pedidik harus bisa menguasai dan memahami cara menggunakan internet
dan teknologi pendukung agar dapat melakukan belajar mengajar menggunakan
metode e-learning.
8)
Kurangnya keterampilan komunikasi siswa.
Proses
belajar e-learning yang terus menerus akan menyebabkan keterampilan komunikasi
siswa berkurang. Siswa yang hanya berinteraksi dengan siswa lainnya
melalui perantara tanpa berinteraksi langsung. Hal ini tidak bisa mengembangkan
keterampilan komunikasi seorang siswa sehingga seorang siswa akan kesulitan
berkomunikasi apabila berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata.
9) Berkurangnya praktik nyata.
Pada umumnya metode e-learning lebih banyak memberikan teori dibandingkan praktek. Sedangkan untuk prakteknya sangat mustahil dilakukan karena pada saat belajar siswa tanpa didampingi oleh pendidik.
Komentar
Posting Komentar